Minggu, 30 November 2008

KOMENTAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG DISAMPAIKAN OLEH:

KOMENTAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG DISAMPAIKAN OLEH:
Bapak Faizin, S. Pd.

Materi: Menentukan Volum Kerucut

Persipan pelaksanaan pembelajaran kurang.
Guru kurang serius dalam menyampaikan pembelajaran
Materi prasyarat (luas lingkarana, volum tabung) tidak disampaikan di awal pembelajaran (pendahuluan).
Rumus volum kerucut sudah diberitahu diawal pembelajaran, sehingga siswa tidak dapat mengkontruksikan sendiri pemngetahuannya.
Pelaksanaan pembelajaran baru sekedar mimpi, siswa tidak benar-benar mempraktekannya.
Metode ceramah mendominasi pembelajaran.
Belum ada LKS yang mendukung pembelajaran
Pembelajaran berpusat pada guru
Pertanyaan yang diberikan guru pada siswa berupa pertanyaan langsung, hal ini berakibat mengurangi kreativitas siswa.
Pengelolaan kelas bersifat klasikal, hal ini berakibat:
Guru sangat sulit melayani kepentingan individu siswa
Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka pelaksanaan pembelajaran sebaiknya dikelompokkan, hal ini bertujuan:
Siswa aktif
Melatih kerja sama antar siswa
Semua siswa belajar
Siswa dapat saling belajar
Demokratis
Siswa terbiasa menghargai pendapat siswa lain
Bimbingan teman sebaya
Terjadi interaksi sosial
Dalam menarik kesimpulan hendaknya siswa dilibatkan

KESIMPULAN:
Pada dasarnya guru sudah berusaha dengan baik dalam pembelajaran, namun adanya kekurangan disana-sini dapat dijadikan pembelajaran bagi kita (para guru) sehingga kita dapat melayani kepentingan anak didik dengan lebih baik.



KOMENTAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG DISAMPAIKAN OLEH: Bapak Mintarjo, S.Pd
Materi: Menentukan Persamaan Garis Lurus

Penyampaian materi masih terlalu abstrak, sehingga sulit dipahami oleh siswa
LKS masih belum dapat berfungsi dengan baik (keterrbacaan kurang)
Sudah ada LKS, mengapa masih harus diterangkan
Metode ceramah mendominasi pembelajaran.
Pembelajaran berpusat pada guru
Penghargaan kepada siswa kurang
Penanganan masalah terhadap individu, hasilnya tidak harus diflourkan ke semua siswa (kelas)
Pertanyaan yang diberikan guru pada siswa berupa pertanyaan langsung, hal ini berakibat mengurangi kreativitas siswa.
Belum terjadi kerja sama dalam kelompok
Pada waktu ada kelompok yang presentasi, kelompok lain diminta pendapatnya (berkomentar)
Pada akhir pembelajaran belum ada kesimpulan

KESIMPULAN:
Guru sudah berusaha mengemas LKS dengan maksimal, namun karena keterbacaan kurang sehingga apa yang seharusnya diinginkan siswa belum dapat terlayani dengan baik.



Tidak ada komentar: