Minggu, 30 November 2008

Usaha-usaha (Saya) Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Matematika Menuju Kualitas Ke Dua (antara teori dan pengalaman):

Usaha-usaha (Saya) Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Matematika Menuju Kualitas Ke Dua (antara teori dan pengalaman):

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan) informal.
Siswa sebagai subyek pembelajaran.
Pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa.
Pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Pembelajaran berkelompok (kooperatif).
Pembelajaran berbasis masalah.
Metode pembelajaran yang bervariasai.
Menggunakan model pembelajaran yang inovatif.
Belajar dari teman /tutor sebaya.
Pembelajaran dengan berkolaborasi.
Pembelajaran out door.
Pembelajaran dengan ICT.
Pembelajaran yang kontekstual.
Pembelajaran dengan alat peraga.
Pembelajaran dengan L K S.
Pembelajaran matematika sesuai dengan hakekat matematika sekolah.
Pembelajaran yang kontruktifisme.
Penilaian yang otentik.
Team teaching.
Lesson study.
Gemar melakukan open class.
Gemar melakukan penelitian.
Guru bertugas melayani siswa.
Pertanyaan guru sifatnya direct question.
Memberi penghargaan/pujian kepada siswa.
Siswa diberi kesempatan mengeksplor kemampuan/pendapatnya.
Siswa`dimotivasi agar berani mengungkapkan pandapatnya baik dalam PBM, diskusi maupun presentasi.

Nama : Eni Rohayatun, M.Pd
NIM : 08301289021
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Matematika
Program : Sertifikasi Guru
Mengajar : Matematika/ IX
Asal Sekolah : SMP 2 Jetis Bantul
Alamat : Canden Jetis Bantul
No. HP : 081328749772
Alamat Rumah : Jl. Sultan Agung Km 1 Palbapang Bantul Yogyakarta
(Guruserrtifikasi Enirohayatunbantul)

1 komentar:

Dr. Marsigit, M.A mengatakan...

Saya ucapkan selamat kepada Ibu. Semoga Blog dapat bermanfaat bagi pengabdian mendidik siswa-siswi. Tidak hanya itu, juga bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa, syukur-syukur bisa sampai level internasional. Amien. (Dosen Pengampu: Dr. Marsigit M.A)